Perbankan Tidak Dilarang Publikasi Dana Lebaran

Skalanews - Bank Indonesia (BI) menyebutkan perbankan tidak melarang mempublikasi persediaan dana menjelang lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Jazali Abdul Halim, Bagian Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Cabang Kaltara saat melayani penukaran uang baru di Alun-Alun Kabupaten Nunukan, Jumat menanggapi soal sikap BNI 46 Cabang Nunukan yang menolak dipublikasi soal persiapan lebaran Idul fitri 2017 Masehi ini.

Ia mengungkapkan, tidak ada instruksi dari BI bahwa perbankan dilarang mengekspos data keuangan khusus persiapan lebaran kali ini karena memang belum ada aturan yang mengikatnya.

"KIta tidak pernah melarang perbankan untuk mempublikasikan data keuangan khusus persiapan lebaran (Idul Fitri 1438 H) ini," ujar Jazali Abdul Halim menanggapi sikap Bagian Umum BNI 46 Cabang Nunukan bernama Hadi pada Kamis (15/6).

Pernyataan Bagian Umum BNI 46 Cabang Nunukan melalui Hadi menegaskan, pihaknya tidak dibenarkan mempublikasikan soal persediaan dana lebaran kepada masyarakat.

Alasannya, masyarakat tidak berhak mengetahui kondisi keuangan di BNI 46 karena menjadi rahasia bank. "Saya tidak bisa memberikan data soal persediaan dana bagi nasabah menyambut lebaran (Idul Fitri 1438 H) karena rahasia bank," sebut Hadi.

Sumber : http://skalanews.com