Partisipasi Tim Dive & Swim Bank Papua Club dalam Aksi Sosial Bersih Laut dan Pantai

Turut Merayakan HUT Ke-2 Mollo Jayapura Dive Community, Tim Dive & Swim Bank Papua Club Ikut Berpartisipasi dalam Aksi Sosial Bersih Laut dan Pantai

JAYAPURA (24/01/18) – Adanya kesadaran akan kebersihan dan kelestarian laut mendorong Tim Dive & Swim Bank Papua Club (BPC) untuk ikut ambil bagian dalam Aksi Bersih Laut dan Pantai yang diselenggarakan oleh Mollo Jayapura Dive Community. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Januari 2018 mulai pukul 15.00 – 17.00 WIT bertempat di kawasan pantai Dok 2.

Aksi Bersih Laut dan Pantai tidak hanya mendapat partisipasi dari Bank Papua, tetapi juga oleh Komunitas Freedive TNI AD dan AL, POLAIRUD, BASARNAS, mahasiswa dan juga masyarakat umum serta didukung oleh #SeaSoldier yaitu sebuah gerakan pecinta lingkungan yang dimotori oleh Nadine Chandrawinata sejak tahun 2015.

Teknis pelaksanaan kegiatan ini sendiri yaitu dengan membagi para partisipan menjadi 3 (tiga) tim, yakni Tim Darat yang bertugas menyisir pantai, Tim Permukaan yang bertugas menyisir permukaan atas laut, dan Tim Bawah Laut yang  melakukan penyelaman dengan membawa keranjang sampah yang terbuat dari jaring ikan untuk memungut dan mengumpulkan sampah di dasar laut. Sampah-sampah tersebut sebagian besar terdiri dari botol dan kantong plastik.

“Tujuan dari keikutsertaan Tim Dive & Swim Bank Papua dalam Aksi Bersih Laut dan Pantai seiring dengan semangat HUT ke-2 Mollo Jayapura Dive Community yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa laut dan pantai bukanlah tempat sampah sehingga melalui kegiatan ini semakin banyak masyarakat yang mencintai laut dan sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal tersebut sangat penting karena sampah yang kita buang secara sembarangan di darat (got, sungai, kali) semuanya akan bermuara ke laut. Ibarat darat adalah hulu, maka laut adalah hilir,” ungkap Samuel Lumbanradja selaku Ketua Tim Dive & Swim Bank Papua.

Dalam kesempatan ini juga Tim Dive & Swim BPC menyampaikan Selamat Ulang Tahun kepada Mollo Jayapura Dive Community juga teriring doa agar tetap jaya dan terus berkarya. Kegiatan ditutup dengan ramah tamah dan makan malam bersama seluruh anggota Mollo Jayapura Dive Community yang diselenggarakan di Dermaga Polair Polda Papua. (jh)