Menkeu Yakin Pertumbuhan Ekonomi Capai Target pada 2018

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2018 akan mencapai 5,4 persen seperti yang telah ditargetkan.‎ Asalkan, tren pertumbuhan investasi dan ekspor yang tengah meningkat bisa terus di jaga pada tahun ini.

Sri Mulyani menyatakan, pada 2017 pertumbuhan investasi tercapai mencapai 6,15 persen. Jika tren pertumbuhan ini bisa terus dijaga lebih tinggi lagi, akan menjadi penopang yang kuat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5,4 persen.

"Momentum yang kami lihat untuk semester I, investasi akan terus terjaga. Kalau investasi bisa naik terus di atas 6 persen bahkan bisa mendekati 7,5 persen, tadi yang disebutkan perbankan sudah mulai membaik, pasar modal tetap tinggi, maka kalau bisa stabil kami optimis bisa mendapatkan pertumbuhan investasi di atas 7 persen," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Dia mengungkapkan, yang masih harus diperbaiki memang soal konsumsi rumah tangga yang hanya tumbuh 4,95 persen. Namun Sri Mulyani optimistis pertumbuhan konsumsi tersebut bisa berada di atas 5 persen di tahun ini.

"Sekarang memang 4,95 persen tapi sangat kecil bedanya 0,05 persen. Hanya lebih ke arah optimisme masyarakat dan kami lihat di kuartal terakhir lebih lemah dari kuartal IV tahun lalu mungkin karena inflasi tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu. Kalau konsumsi tetap terjaga di atas 5 persen, prediksi tahun ini di 5,4 persen kemungkinan bisa tercapai akan lebih tinggi," jelas dia.

Sementara terkait target pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen seperti yang kerap diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sri Mulyani menyatakan target pertumbuhan tersebut bukan tidak mungkin untuk dicapai. Namun dirinya ingin ekonomi tidak hanya tumbuh tinggi, tetapi juga berkualitas.

"Ya akan tetap kami usahakan. Tapi tetap 7 persen yang sehat yang inklusif jadi invetasinya sustainable, tidak tergantung komoditas," ujar dia.

SUMBER : http://bisnis.liputan6.com