Bank Papua Ditunjuk Kembali Salurkan Dana BOS 2017

KABARPAPUA.CO, Kota Jayapura – PT Bank Pembangunan Daerah Papua (Bank Papua) kembali ditunjuk menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2017.

Dana tersebut akan disalurkan ke sekolah berjenjang SD, SMP, SMPLB, SMA, SMALB dan SMK di 29 kabupaten/kota di Papua.

Direktur Utama Bank Papua, F.Zendrato mengatakan jumlah dana BOS yang disalurkan pada semester I sebesar Rp233 miliar lebih untuk disalurkan pada 29 kabupaten/kota. Saat ini yang sudah tersalurkan sebesar Rp226 miliar lebih.

“Yang belum tersalur sebesar Rp6,3 miliar lebih atau 0,27 persen dari total dana BOS semester pertama 2017,” jelas Zendrato, di Kota Jayapura, Selasa, 2 Mei 2017.

Dia menambahkan, proses penyaluran dana BOS untuk jenjang pendidikan SD hingga SMA/SMK melalui semua kantor cabang Bank Papua yang ditunjuk sebagai kantor penyalur dana pada masing-masing sekolah.

Sementara sejak 2012-2016, untuk jenjang SD hingga SMA telah disalurkan dana BOS sebesar Rp471 miliar lebih. Sedangkan untuk 2016, Bank Papua telah menyalurkan dana BOS untuk SMK sebesar Rp31 miliar lebih.

Dana BOS merupakan program pemerintah untuk menyediakan pendanaan biaya operasi non personalis bagi satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai pelaksana program wajib belajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda mengatakan, dana BOS disalurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari rekening kas umum negara (RKUN) melalui kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) ditransfer ke rekening kas umum daerah (RKUD) dan penyalurannya dipindah bukukan ke rekening tabungan sekolah penerima dana BOS.

Bank Papua dipili sebagai bank penyalur dana BOS ke sekolah-sekolah, karena bank tersebut memiliki kantor cabang hingga ke tingkat distrik di Papua.

“Nilai dana BOS per semester, tergantung dari jumlah siswa pada masing-masing sekolah penerima dana tersebut,” ujarnya. ***

sumber : http://kabarpapua.co